Konsumsi BBM dalam kota/tol: 8,8/11,5 km/l HC idle/4.000 rpm: N/A/N/A %Vol CO idle/4.000 rpm: N/A/N/A ppmVol Teknologi : - DI-D - Turbo VGT |
Sebenarnya varian baru Mitsubishi Pajero Sport ini telah hadir akhir tahun lalu. Namun kami baru sempat mengujinya saat ini. Kian canggihnya inovasi teknologi membuat mesin serupa bisa menghasilkan tenaga berbeda.
Itu yang terjadi pada Mitsubishi Pajero Sport Dakar Hi-Power 4x4, begitulah nama lengkapnya. Jika model di bawahnya hanya memiliki tenaga 136 dk dan torsi 314 Nm, model termewah ini sanggup menghasilkan tenaga 178 dk dan torsi 350 Nm.
Semua didapat dari unit diesel 2.477 cc 4-silinder. Teknologi common-rail Direct Injection Diesel (DI-D) berpadu dengan Variable Geometry Turbo (VGT) yang dilengkapi intercooler. Oh ya, satu lagi perbedaannya, Dakar sudah memakai transmisi otomatis 5-speed, alias menambah satu rasio gigi.
Ia hanya butuh waktu 11,53 detik untuk menuntaskan 0-100 km/jam. Jauh dari model di bawahnya yang hanya 16,2 detik. Empasan torsi maksimal di putaran 1.800-3.500 rpm semakin tampak dari akselerasi 0-60 km/jam yang hanya 4,79 detik. Burn-out roda belakang bukan perkara sulit baginya.
Dasbor mewah dengan tambahan tuas paddleshift
Akselerasi pertengahan di kisaran 60-100 km/jam juga terasa menyenangkan. Di sinilah keunggulan utama mesin diesel bertorsi besar. Meski bobotnya lebih dari 2 ton, mudah baginya melakukan overtaking 2 atau 3 mobil sekaligus.
Dakar juga memberikan Anda ruang untuk bermain dengan mode manual di transmisi yang dilengkapi paddle shift di balik setir. Tenaga dapat terkuras maksimal dan Anda bisa merasakan dorongan kuat saat shift-up. Apalagi respons perpindahan giginya cukup cepat. Seru dan menegangkan mengingat besarnya tubuh Dakar.
Aplikasi 5 rasio gigi terlihat kegunaannya ketika cruising di tol. Putaran mesin yang dibutuhkan saat berlari konstan 100 km/jam hanya 2.000 rpm. Membuatnya bergerak tenang dan nyaman. Meski begitu, ia adalah sebuah mobil penggerak 4 roda. Memang Dakar bisa memakai penggerak belakang saja. Tapi kerugian mekanis sudah terjadi di transfer case.
Makanya, konsumsi Shell Diesel Dakar hanya 11,5 km/liter untuk tol. Suka atau tidak, bobot menyumbang bertambahnya konsumsi BBM. Apalagi Dakar menggunakan ban yang cukup besar. Tak ayal, ia cukup kesulitan saat start di kemacetan jalan. Konsumsi BBM 8,8 km/liter merupakan figur terbaik saat di dalam kota.
Dakar dilengkapi sistem 4x4 bertajuk Super Select 4WD dengan 2 jenis perbandingan gigi differential. High dengan rasio 1:1,0 dan Low dengan rasio 1:1,9. Terdiri atas pilihan 2H, 4H, 4L, dan 4LLc. 4LLc memakai pengunci di differential dengan pembagian tenaga rata ke seluruh roda. Kombinasi tersebut membuatnya bisa menghadapi segala medan jalan
Mesin diesel modern berlimpah torsi
Bicara pengendalian, kita harus menerima fakta bahwa potensi limbung mudah terdeteksi. Meski begitu, ia tetap fun saat diajak manuver cepat. Sinergi antara tubuh besar dan sasis tangga menciptakan kenyamanan pas. Membuai Anda yang berada di kursi tengah.
Di luar, ia telah dilengkapi lampu depan HID. Model gril dengan lubang ala sarang tawon membuatnya tampak lebih sporty. Di bumper, penggunaan foglamp menjadi pembeda dari model lebih murah. Di dalam, aplikasi jok kulit dengan rona atraktif menyegarkan pandangan. Audio dibekali Mitsubishi Power Sound Sistem dengan tambahan power berdaya maksimal 420 Watt.
Apakah Mitsubishi Pajero Sport Dakar Hi-Power 4x4 cukup mengasyikkan bagi Anda?
Paddle shift menambah gairah mengemudi | Sunroof sebagai fitur standard |
Mitsubishi Pajero Sport Dakar Hi Power 4x4 | |
Harga | Rp 468 juta |
Mesin Turbodiesel | 2.477 cc 4 silinder |
Tenaga maksimum | 178 dk/6.000 rpm |
Torsi maksimum | 350 Nm/4.200 rpm |
Transmisi | 5-spd matik/4WD |
P x L x T | 4.695 x 1.815 x 1.840 mm |
Wheelbase | 2.800 mm |
Kapasitas tangki/bagasi/ban serep | 70 l/N/A/full size |
Ground clearance | 215 mm |
Ukuran ban | 265/65 R17 |
Bobot | 2.055 kg |
PERFORMA | |
0-100 km/jam | 11,53 detik |
0-60 km/jam | 4,79 detik* |
60-80 km/jam | 3,03 detik* |
80-100 km/jam | 3,72 detik* |
100-120 km/jam | 6,22 detik* |
100 km/jam | 2.000 rpm |
Pengereman (100-0 km/jam) | 48,28 meter |
* = kickdown | |
FITUR | |
Airbags/ABS/EBD/BA | 2/ada/ada/ada |
Kontrol traksi/ESP | Tidak/tidak |
AC climate control/dual zone/double blower | Ada/tidak/ada |
CD/MP3/DVD player/cup holder | Ada/ada/tidak/ada |
Monitor/USB/Aux-In | Ada/tidak/ada |
Tombol audio setir/cruise control | Ada/tidak |
MID/voice command | Ada/tidak |
Jok elektrik/heater/ECO Mode | Tidak/tidak/tidak |
Launch control/suspension control | Tidak/tidak |
Keyless entry/alarm/smart key/immobilizer | Tidak/ada/ada/ada |
Setir adjustable reach/rake | Ada/tidak |
Headlamp projector/auto levelling/HID | Ada/ada/ada |
Spion/pelipat elektrik/foglamp | Ada/ada/ada |
Kamera parkir/sensor parkir/hujan/lampu | Tidak/ada/tidak/tidak |
Auto door-lock/sunroof/pelek alloy | Ada/ada/alloy 17 inci |
Kabin belakang lega dan nyaman | Tuas pengatur 4x4 | Dilengkapi transmisi 5-speed otomatis |
RIVAL |
Ford Everest TDCI Limited 4x2 AT Mesin: 2.499 cc 4 silinder, 143 dk 0-100 km/jam: 14,3 detik Harga: Rp 366 juta . + Harga, akomodasi kabin, baru penyegaran model - Bantingan suspensi, performa, desain kaku, fitur |
Lampu depan HID hanya ada di Dakar | Emblem dakar sebagai pembeda dari model di bawahnya. |
FIRST OPINION Inilah model termewah dari keluarga Mitsubishi Pajero Sport. Andalan utamanya adalah mesin diesel penuh tenaga. Pun dengan aplikasi transmisi otomatis baru 5-speed berpenggerak 4 roda. Belum cukup, disediakan paddle shift dan sunroof di dalam. Komplet tanpa mengurangi trahnya sebagai SUV berkelas. SEKILAS PANDANG - Varian Dakar Hi-Power juga memiliki pilihan penggerak 4x2 - Model dengan mesin lawas masih tersedia. Pilihan modelnya adalah GLS, Exceed, dan GLX |
Tidak ada yang berubah dari buritan Pajero Sport Dakar
0 komentar:
Posting Komentar