Ford Focus Hatchback S |
Mesin : 1.999 cc 4 silinder, 170 dk Torsi maksimum : 200 Nm/4.450 rpm 0-100 km/jam : N/A Konsumsi BBM : N/A Transmisi : Otomatis 6-speed/FWD P x L x T : 4.359 x 1.824 x 1.465 mm Wheelbase : 2.649 mm Ground clearance : 130 mm Ukuran ban : 215/50 R17 |
Harga : Rp 350 jutaan |
Berawal dari Ford Fiesta yang membawa fitur ‘mahal’ kopling ganda, voice command, hingga ESP, Ford fokus membuat mobil masal yang dilengkapi fitur yang sebelumnya hanya ada di mobil mewah. Mereka sukses membawa produknya ke tingkatan yang patut diacungi jempol.
Sekarang tradisi Ford di era modern tersebut berlanjut pada Ford Focus. Yang paling ‘sederhana’ namun sangat membantu pengemudi ketika parkir paralel adalah fitur Active Parking Assist (APA). Hasil uji coba kami telah dijabarkan di edisi 243 lalu.
Karena hilang konsentrasi sejenak, bumper mobil di depan bisa ‘tercium’. Ford menyikapinya dengan memasang Active City Stop (ACS). ACS akan memerintahkan mobil untuk mengurangi kecepatan jika dirasa mobil di depannya sudah terlalu dekat. Efektif bekerja hingga kecepatan maksimal 30 km/jam.
Di era kovergensi seperti sekarang, gadget adalah menu wajib. Agar bisa menggunakannya secara aman di dalam mobil, Ford menyandingkannya dengan fitur SYNC. Cukup melalui perintah suara, Anda dapat mengakses isi gadget.
Fitur seperti voice command, telepon via Bluetooth, dan cruise control tetap digunakan. Sistem audionya unik karena berkolaborasi dengan Sony. Disediakan Digital Sound Processor (DSP) untuk bentang suara lebih nikmat. Kualitas suaranya pun masuk dalam level memuaskan.
Dasbor modern dengan dominasi kelir hitam
Satu lagi senjata andalan Focus Hatchback ada di balik kap mesin. Sebuah unit baru 1.999 cc 4-silinder dilengkapi teknologi Gasoline Direct Injection (GDI) dan Twin independent Variable Cam Timing (Ti-VCT).
Sinergi teknologi injeksi BBM langsung dan katup variabel sukses menghasilkan tenaga 170 dk.
Entakan tenaga terasa saat pedal gas diinjak penuh. Keterbatasan ruang membuat kami tidak bisa menguras performanya.
Namun mestinya dengan aplikasi transmisi kopling ganda (DSG) 6-speed, Focus dapat memuaskan adrenalin pengendaranya.
Mobil ini terasa layaknya hatchback kompak saat dikendarai. Setir ringan dengan feel mirip Fiesta. Meski begitu, ia tetap lincah saat diajak menikung cepat. Tidak ada keraguan dan mobil dapat meluncur mulus.
Desain depan Focus tidak seatraktif Fiesta. Meski begitu, aura dinamis tetap tergambar dari bentuk bumper dengan lubang udara besar. Konsep kinetic design diterjemahkan secara apik oleh desain lampu depan.
Inovasi desain terlihat pada bentuk lampu belakang besar dan tutup tangki bensin jajaran genjang. Bersanding dengan spoiler atap, kesan mobil kencang sangat terasa. Apalagi ditingkahi rupa pelek alloy dengan motif seperti kaki sedang berlari.
Meski tidak seluas rivalnya, bangku belakang cukup memadai | Mesin anyar dengan teknologi GDI dan Ti-VCT | Di balik bumper ini terdapat fitur Active |Grille Shutter |
Ke dalam, Anda akan terpikat oleh tata letak kontrol audio dan menu lainnya yang dilatari panel berkelir piano-finished. Di bawahnya terdapat pengatur AC dual zone climate control. Turun lagi dan Anda akan mendapatkan pengatur APA.
Desain panel instrumen tak kalah memikat, dengan desain modern dan mewah, serta jarum bergaya 3D. Di tengahnya terdapat MID dengan interface simpel dan komunikatif. Sementara di kemudi terdapat beberapa tombol kontrol. Terlihat futuristik. Tapi pastikan Anda mempelajari pengoperasiannya. Jumlah tombol yang banyak akan menyulitkan.
Sedikit unik, penempatan tombol shiftronic di sisi kanan tuas transmisi. Butuh waktu sebelum terbiasa. Entah siapa yang lebih dulu menciptakan, Chevrolet Aveo terbaru juga menggunakan mekanisme serupa.
Memang, model hatchback besar bukanlah favorit di negeri ini. Namun dengan segenap fitur cerdas yang dimiliki, Ford Focus Hatchback pantas dijadikan pilihan. Harganya pun mestinya kompetitif mengingat pajak hatchback lebih murah dari sedan sekelas.
Bermacam tombol bertengger di setir | Panel instrumen cantik dengan MID komunikatif | Tombol naik-turun gigi di sisi tuas transmisi |
Lampu belakang besar dan menarik perhatian | Lampu dengan mengusung konsep kinetic design |
FIRST OPINION Inilah Ford Focus Hatchback terbaru. Kastanya masuk sebagai model termewah. Andalannya adalah fitur berlimpah dan kenikmatan berkendara dari mesin potensial yang diklaim irit BBM. Harganya pun mestinya memikat. Sebuah pilihan jika Anda bosan dengan model sedan. SEKILAS PANDANG - Ford sepertinya akan menurunkan 4 model Focus, 2 Hatchback dan 2 Sedan - Tampaknya Ford tidak akan menjual model dengan transmisi manual |
0 komentar:
Posting Komentar